Sabtu, 27 Desember 2008

Tradisi Natal

Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:

"Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."

Tradisi adalah identitas. Semua bangsa, suku bangsa, Negara, budaya, agama mampunyai tradisinya masing-masing. Demikian juga agama Kristen. Di dalam menjalani tradisi apapun kita harus mengerti prinsip yang diajarkan alkitab. Semua praktek adalah implikasi dari prinsip. Prinsip yang benar akan menghasilkan praktek yang benar dan dikonfirmasi oleh Tuhan. Agama kristen mempunyai 2 tradisi besar yaitu natal dan paskah. Tradisi natal berbeda dari tradisi paskah, karena tradisi paskah (peringatan kematian Yesus) dimandatkan oleh Yesus sendiri, namun semasa hidupnya Yesus tidak pernah member mandate untuk memperingati ulangtahunnya, dan Dia sendiripun tidak pernah melakukannya.Di dalam Tradisi Yahudi memang tidak pernah terjadi perayaan ulang tahun,hal ini disebabkan karena bagi bangsa Yahudi perayaan ultah diasosiasikan dengan orang kafir. Oleh sebab itu kata merayakan (celebrate) kurang baik digunakan pada natal Karena kita tidak merayakan ulang tahunNya,lebih tepat apabila kita menggunakan kata “Memperingati” karena pada hari natal kita memperingati datangnya Juruselamat ke dalam dunia.

Ada 3 Tradisi natal yang wajib untuk kita jalankan:


1. Memperingati natal berarti memperingati Inkarnasi

Inkarnasi adalah masuknya Allah kedalam sejarah.Inkarnasi bukan kelahiran.Kelahiran hantalah titik mula dari Inkarnasi,hanyalah 1 titik dalam Inkarnasi. Inkarnasi berarti pra-eksistensi dari yang ada menjadi ada.Ini berbeda dengan kelahiran, kelahiran adalah dari yang tidak ada menjadi ada. Yesus sebelum dilahirkan sudah ada,maka dia berinkarnasi, kelahiran hanyalah cara yang Yesus pakai untuk masuk dalam sejarah. Yesus bias saja menggunakan banyak cara untuk masuk kedalam sejarah. Dia bisa saja muncul langsung dewasa di dalam dunia, tetapi dia memakai cara manusia yaitu lahir sebagai bayi, lahir dalam keterbatasan,seorang bayi adalah manusia yang paling terbatas,Yesus mau mengalami proses manusia agar dia menjadi pengantara yang sempurna adtara Bapa dan manusia, sebab dia sudah pernah mengalami derita manusia, Dia bukan Pengantara yang menjadi manusia langsung dewasa. Inilah yang membuat Yesus manusia yang sejati dan pengantara yang baik.

Yesus lahir memang tanpa melalui pembuahan tapi ini tidak bbisa dijadikan alasan untuk menyangkal kemanusiaan Yesus,karena sebelumnya sudah ada manusia yang ada juga bukan karena pembuahan yaitu adam dan hawa.

Yesus turun kedalam dunia ditengah krisis dan kebobrokan zaman menjadi contoh bagi manusia bagaimana harus hidup,namun terlebih dari semuanya Inkarnasi Kristus adalah untuk penebusan,kelahiran Yesus adalah Suffering bukan celebration, hamper semua orang-orang yyang terlibat menderita,Maria,Yusuf,Majus,dan bahkan Yesus sendiri. Kelahiran Yesus identik dengan penderitaan dan pengorbanan maka adalah hal yang tidak layak jika kita memperingati natal dengan perayaan.

2. Natal yang Sederhana

Seperti yang sudah dibahas, semua sisi dalam alkitab merayakan natal identik dengan penderitaan. Inkarnasi adalah kehinaan besar bagi Yesus, dalam PL Yesus sudah pernah turun kebumi,semua orang penting tunduk pada Yesus,di dating dengan dikawal malaikat kepada Abraham,kepada Musa. Namun sekarang dia harus turun dalam kehinaan, bukan dalam nuansa kerajaan,bahkan bukan di tempat manusia melainkan di tempat binatang. Di dalam kehidupan Yesus status kehidupannya di bagi 2: Status kehinaan (lahir,mati disalib,di kubur) dan status pemuliaan (naik, bangkit, maranatha). Pada suatu sisi ada penderitaan,pada sisi lain ada pemuliaan ini seperti paradox, namun ini mengajarkan pada kita untuk tidak boleh bahagia diatas penderitaan orang, karena Yesus sendiri adalah orang yang menderita

3. Penginjilan

Di dalam Lukas 2:10 kata diberitakan mengunakan kata euaggelizomai yang berarti memberitakan kabar baik, penginjilan adalah esensi dalam kelahiran natal. Orang majus dan para gembala adalah objek penginjilan natal yang pertama, dan malaika-malaikat adalah pemberita injil pertama di hari natal, apabila kita mengamati silsilah Yesus Kristus maka akan kita dapati 4 macam strata pada silsislah itu: Orang penting (Abraham,musa),Raja-raja,Orang yang tidak diketahui,dan Orang terbuang (perempuan dan orang nan Yahudi). Hall ini menggambarkan Yesus dating kedunia bagian semua orang kaya atau miskin,Jendral atau anak buah,presiden,raja,pengemis, siapapun mereka Yesus datang kepada mereka, oleh sebab itu adalah kewajiban kita ketika memperingati natal kita kembali mengingat mereka. Membawa jiwa kepada Tuhan,Seperti orang majus dari Timur dibawa oleh terang kepada Tuhan agar kiranya genaplah nats bangsa dalam kegelapan boleh melihat Terang yang besar.



Selain 3 tradisi yang alkitab ajarkan kita akan melihat 3 Tradisi yang baik untuk dijalankan namun tidak ditulis secara langsung di Alkitab

1. Lilin

Yesus berkata Akulah Terang dunia, bangsa yang hidup didalam kegelapan telah melihat Trang besar, dan banyak bagian alkitab yang mengidentifikasikan Kristus sebagai terang yang telah datang, maka tidaklah salah kalau kita menyalakan lilin sebagai peringatan datangnya Terang itu ke dunia,Terang itu telah menjadikan kita semua terang untuk menrangi dunia (Mat 5),kita pun sekarang adalah terang dunia,ketika kita menyalakan lilin maka kita mengingat status dan tanggung jawab kita di dunia untuk mengikuti teladan Yesus menerangi dunia.

2. Paduan Suara

Ketika Yesus lahir,malaikat-malaikat bersorak memuji dia, kemuliaan bagi Allah, seluruh bala sorga memuji keagungan sang Raja yang mau rela merendahkan diri menbatasi diri turun kedalam dunia yang hina dan penuh cobaan, hari ini jikalau kita datang di hari natal kita memuji kebesaran Yesus itu adalah baik.Seperti malaikat memuji Tuhan hendaklah kita juga memuji kebesaran Tuhan Kita

3. Persembahan Syukur

Orang majus datang dengan emas,mur dan kemenyan. Mereka memberikan persembahan kepada Tuhan,tetapi pada hari ini,kita identik dengan menerima kado-kado natal. Ini sama sekali bertentangan dengan alkitab bukan minta kado,atau tukar kado tapi member persembahan khusus di hari natal. Pada zaman kelahiran Yesus,persembahan diberikan pada Raja apabila kalah berperang sebagai upeti, Yesus adalah raja kita dan kita adalah budaknya, budak tidak pernah minta dari raja,sebaliknya budak akan member bagi raja.Adakah kita memberi persembahan khusus di hari natal?



Selain itu kita juga melihat 3 Tradisi yang tidak berhubungan dengan natal yang dijalankan sampai sekarang

1. Sinterklas

St. Nicolaus adalah seorang Kristen yang baik hati,dia ahidup sekitar abad 3 M.orang tuanya mati ketika dia masih kecil,namun dia adalah orang yang kaya,dia terinspirasi pada bagian alkitab tentang orang kaya yang Yesus suruh untuk menjual seluruh hartanya dan membagikannya kepada orang miskin,karenanya orang-orang sangat mengargai dia, Nicolaus sendiri meninggal tanggal 6 desember,dan orang-orang mempertingati tanggal ini sebagai St. Nicolaus day. Namun karena bagi gereja advent tanggal ini adalah hari penantian datangnya Kristus,akhirnya tradisi ini digabung dengan natal,sebetulnya St. Nicolas day dan natal adalah 2 hari yang betul-betul berbeda dan tidak ada hubungannya sama sekali. Oleh sebab itu tidaklah sepatutnya kita mengidentifikasikan natal dengan Sinterklas

2. Pohon natal

Pohon natal berasal dari Tradisi pohon cemara yang digunakan untuk merayakan dewa Mitras (matahari) pada sekitar abad 3-4 M,akhirnya tradisi inii diadopsi oleh orang Kristen,pada awalnya tradisi ini banyak ditentang oleh kekristenan mula-mula. Namun suatu ketika, Martin Luther yang melihat pohon cemara pada musim salju dan melihat bintang-bintang yang tampak dari balik pohon itu sangat indah maka Luther memulai semacam tren baru,di amenebang pohon cemara tersebut dan memansang di rumahnya. Pohon natal ini Juga bertambah popular semenjak ratu Victoria dan keluarga berfoto dengan beckground pohon natal, karena keluarga raja adalah contoh bagi rakyat,maka mulai lah tren pohon natal di Inggris dan sampai saat ini di seluruh dunia.

3. Kartu ucapan

Kartu ucapan dipopulerkan oleh Cole (1843).Sebenarnya tidak begitu salah untuk mengirimkan kartu atau ucapan natal, sebab ucapan kita terkadang bias menguatkan sesame,terutama dengan mengutip ayat-ayat yang baik dan ucapan-ucapan yang menbangun dan menguatkan,namun adalah sala kalau natal diidentikan dengan ucapan,sebab adalah keharusan setiap saat kita saling menguatkan.

Kita telah melihat 3 tradisi yang alkitabiah,3 tradisi yang baik dan 3 tradisi yang salah,saudara-saudara jadikanlah natal lebih bermakna kembalilah kepada prinsip yang alkitab ajarkan bukan perayaan,pohon natal namun tradisi natal yang sejati yang alkitab ajarkan.


Hohoho.. met natal :D .. moga natal kali ini membawa damai dan kasih Kristus... natal yang penuh perenungan dan makna..

Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. -LD'08 -

Tidak ada komentar: