Sabtu, 06 Maret 2010

You Have a Call! (19 Februari 2010)

Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugrahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.
(Efesus 3:7)

Surat dari Paulus kepada jemaat di Efesus, ada tiga hal yang penting dan patut digarisbawahi, yakni kata “Injil”, “pelayan”, dan “anugerah”. Bila kita membuka Efesus 2 :8-9, tertulis “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri”. Melalui ayat tersebut, disebutkan bahwa anugerah merupakan pemberian Allah.
Alasan Paulus menganggap panggilan melayani sebagai anugerah antara lain tertulis dalam Efesus 3:7 yang tertulis “Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.”, dan juga Efesus 3:8 “Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu,”
Melayani merupakan tugas seorang pelayan, dan seorang pelayan memiliki tugas yang sangat berbeda dengan tuannya. Pelayan dipilih oleh tuannya dan bertugas untuk melayani dan menyenangkan hati tuannya. Pelayan tentunya akan medapat reward dari tuannya, seperti yang tertulis dalam Kolose 3:23-24 “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.”
Ada beberapa kemungkinan sikap hati manusia saat dipanggil untuk melayani. Ada yang menolak dengan alasan enggan, menganggapnya sebagai beban, dan merasa tidak pantas. Namun, di balik semua itu, tentunya masih banyak orang yang rela melayani dengan senang hati, meskipun mereka juga menemukan berbagai hambatan tersendiri. Kita bias melihat beberapa contoh tokoh di alkitab seperti Musa yang tidak pandai berbicara dan merasa minder, Yunus yang enggan melaksanakan perintah-Nya, Daud yang merupakan raja yang sibuk, dan juga Petrus yang seorang nelayan di mana ia juga pernah menyangkal Yesus.

PENERAPAN
Apakah Anda menyadari bahwa saat ini Allah memanggil Anda untuk melayani Allah?

Hal apa yang dapat Anda lakukan untuk meresponi panggilan Allah untuk melayani-Nya?

1 komentar:

mordekhai mengatakan...

wah....nice banget nih webnya pmk sekarang...
paten banget...nih pasti kerjanya sihol dkk...

pertamaxxx....