Kamis, 04 Februari 2010

It's My Calling (29 Januari 2010)

Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.
-2 Petrus 1: 10-

Apa panggilan Saudara? Itulah pertanyaan yang memulai topik minggu ini. Ada banyak pilihan di dunia ini, seperti menjadi presiden, menteri, engineer, ilmuwan, pengusaha, orang terkaya di dunia, guru, musikus, dan masih banyak lagi. Terus Saudara? Bagaimana dengan Saudara sendiri? Apakah Saudara telah mengetahui panggilan hidup yang disiapkan Tuhan untuk masing-masing dari kita?
Panggilan tidak sama dengan cita-cita. Bahkan terkadang panggilan kita mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan cita-cita yang kita inginkan. Terkadang kita menganggap panggilan hidup kita hanya mengenai “aku ingin menjadi…”; “aku akan…”; aku dan aku saja. Panggilan hidup haruslah sesuatu yang berdampak, tidak hanya mengenai ‘aku’, ‘aku’, dan ‘aku’ saja. Di saat kita memiliki panggilan hidup, maka tentunya akan menjadi lebih bermakna, dan hidup akan berasa lebih ‘hidup’.
Panggilan hidup bisa dibilang terbagi menjadi dua bagian, yakni panggilan umum dan panggilan khusus. Panggilan umum kita adalah seperti yang telah tercantum dalam Matius 28:16-20. Sedangkan untuk panggilan khusus adalah panggilan yang dikhususkan Tuhan untuk diri kita masing-masing, yang tentunya tidak sama antar satu sama lainnya.
Contohnya saja dalam Kejadian 12:1-8. Di ayat tersebut diceritakan bahwa Abram dipanggil oleh Allah. Abram harus meninggalkan sanak saudaranya, rumah bapanya, dan tentunya segala kekayaan dan kenyamanan yang telah dimilikinya untuk memenuhi panggilan Allah. Abram adalah contoh yang baik bagi kita, karena ia bersedia memenuhi segala panggilan itu tanpa menunda-nunda lagi. Begitulah harusnya kita menanggapi panggilan khusus kita yang memang telah direncanakan-Nya, meskipun terkadang hal tersebut tidak sepenuhnya sesuai dengan keinginan kita.

Topik-topik tiap minggu untuk Fokus Semester ini:
1. Eksposisi Tema
2. Limit Waktu, Prioritas, dan Berikan yang Terbaik
3. Panggilan Hidup Itu Apa Sih?
4. Panggilan Hidup Itu Anugerah
5. Panggilan Umum dan Panggilan Khusus
6. Mengetahui dan Menguji Panggilan Hidup
7. Panggilan Hidup yang Kontinu
8. Kekudusan dan Kemurnian
9. Ketaatan
10. Allah Setia, dan Ada Janji Bagi yang Taat
11. Bedah Buku
12. Pemberlengkapan
13. Bersaksi

Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.
-1 Yoh 2:17-

Tidak ada komentar: